Tips Puasa Sehat

Puasa merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim dan muslimah yang beriman.Karenanya di bulan ramadhan penuh berkah ini, siapapun yang mengaku Islam akan dengan senang hati menyambut dan menjalankan kewajiban mereka untuk bershaum, tanpa harus merasa terbebani dengan berbagai rutinitas yang biasa dilakukan seperti bulan-bulan sebelumnya. Kondisi tubuh yang tidak maksimal mendapatkan asupan makanan dan minuman di siang hari dapat disiasati dengan mengatur menu pada saat sahur dan berbuka puasa. Terdapat beberapa tips puasa sehat, mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Tips puasa sehat yang pertama, sahurlah setiap kali Anda akan berpuasa. Selain bersahur itu merupakan sunah Rasul yang ditegaskan dalam sebuah hadits, bahwa dalam bersahur itu terdapat kebaikan, kegiatan inipun membuat tubuh Anda memiliki cadangan makanan sebagai energi yang akan digunakan untuk beraktifitas di siang hari. Siapkan menu seimbang antara karbohidrat, sayuran berserat dan buah-buahan agar pencernaan tidak mengalami masalah. Makan secukupnya dan minumlah air putih lebih banyak, sebagai pengganti cairan dan menghindari dehidrasi. Lalu, jauhi makanan pedas, gorengan dan makanan yang manis karena akan membuat Anda menjadi lebih mudah lapar.

Tips puasa sehat yang kedua adalah tetap berolahraga supaya peredaran darah dalam tubuh dan proses pembakaran kalori berjalan dengan baik. Lakukan menjelang berbuka, walaupun hanya beberapa menit setiap harinya. Ketiga, saat berbuka pilihlah minuman yang tidak dingin dan makanan ringan yang manis, terutama jika Anda menderita mag, air es dapat meningkatkan asam lambung dan tentunya akan mengganggu proses pencernaan. Berilah jeda yang cukup sebelum mengkonsumsi makanan utama agar usus dan lambung tidak langsung bekerja dengan berat.

Tips puasa sehat yang terakhir mungkin sering Anda abaikan, yaitu menjaga emosi. Mampu mengendalikan hawa nafsu memang menjadi esensi dari seluruh kegiatan menahan lapar dan dahaga ini. Latihlah diri Anda menghadapi setiap keadaan yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan dengan tetap bersabar dan berbaik sangka. Langkah ini bukan hanya menjaga kesempurnaan amal ibadah tetapi juga menghemat energi dan menghindarkan Anda dari stres. Dampak baiknya, kondisi tubuh lebih sehat dan bugar. Selamat berpuasa.

About Kris Hartanto

Independent Diamond Director Oriflame Indonesia & d'BC Network dengan income 25-30 Juta Per Bulan. Hobi food photography ;)




Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Get Widget