Tips Menyembuhkan Suara Serak Pada Anak

Sebagai orang tua kita sering dibuat panik  apabila mendapati anak kita mendadak parau atau suara serak / hoarsenes.  Hal ini terjadi karena batuk yang tidak diobati secara tuntas. Sehingga virus menyerang pita suara.  Akibatnya suara kita menjadi hilang atau parau. Penyebab lain suara parau karena virus flue yang tidak kunjung diobati.

Kondisi ini membuat  si kecil tidak nyaman dan tenggorokan bertambah gatal, dan tentu kesulitan untuk berbicara.   Sebenarnya menyembuhkan suara serak pada balita dan orang dewasa bisa menggunakan ramuan tradisional dari bahan –bahan alami.

Tips menyembuhkan suara serak

Berikut ini ada beberapa  obat herbal yang bermanfaat meredakan suara parau akibat serangan  serangan virus maupun  radang tenggorokan.

  • Perasan air lemon dan madu

Alternatif pertama adalah menggunakan air perasan lemon dan madu. Cara menyajikan ambil satu butir lemon matang, kemudian diperas untuk diambil airnya.  Masukan dalam gelas kecil, campur dengan satu sendok teh madu murni.   Minumkan kepada anak sampai habis. Lakukan selama masa penyembuhan.

Lemon bersifat anti inflamasi yang berkasiat meredakan peradangan pada tenggorokan. Sementara vitamin C dan madu merupakan kombinasi dahsyat menghilangkan virus dan memulihkan stamina.

  • Air seduhan jahe

Jahe terbukti dapat menyembuhkan gangguan tenggorokan seperti batuk, pilek dan serak.  Cara membuatnya cukup mudah ambil tiga rimpang jahe emprit, kemudian dikupas kulitnya dan dicuci sampai bersih. Kemudian direbus tapi sebelumnya dikeprek agar aromanya lebih kuat.   Langkah selanjutnya direbus dengan 3 gelas air hingga menyisakan satu gelas saja.   sebelum di minum bisa diberi perasan jeruk nipis.

  • Susu dan air perasan kunyit

cara lain bisa menggunakan campuran susu sapi segar dicampur dengan perasan kunyit.   Siapkan satu gelas susu segar kemudian diberi air perasan kunyit selanjutnya diaduk hingga rata, sampai bercampur. Minumkan pada si kecil sebelum tidur.

Demikianlah sekilas informasi singkat tentang tips menyembuhkan serak pada balita. Semoga bermanfaat.