Sistem Organ Reproduksi Wanita

Sistem organ reproduksi wanita terdiri dari sepasang ovarium (indung telur), saluran telur (oviduk/Tuba Fallopi), uterus (rahim), vagina, dan organ kelamin bagian luar. Masing-masing organ memiliki fungsinya untuk melangsungkan proses reproduksi pada wanita.

Ovarium adalah kelenjar kelamin wanita yang berfungsi memproduksi ovum atau sel telur dan memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini berperan dalam persiapan dinding rahim untuk implantasi sel telur yang telah dibuahi oleh sprema. Hormon estrogen dan progesterone juga berperan memberikan sinyal kepada otak untuk mengatur siklus menstruasi.

Sel telur kemudian masuk ke Tuba Fallopi. Tuba Fallopi berfungsi untuk menyalurkan sel telur menuju rahim dengan gerakan peristaltik, dibantu gerakan silia yang terdapat di dinding saluran. Saluran telur ini memiliki panjang kurang lebih 12 cm, dan ujungnya berbentuk seperti corong. Pada umumnya, proses pembuahan sel telur oleh sprema terjadi di Tuba Fallopi.

Sel telur yang telah dibuahi kemudian menuju rahim dan tertanam pada dinding rahim, untuk kemudian berkembang menjadi sebuah proses kehamilan. Dalam sistem organ reproduksi wanita, rahim merupakan tempat berkembangnya embrio hasil pembuahan sel telur dan sprema. Rahim memiliki panjang sekitar 7,5 sentimeter, lebar sekitar 5 sentimeter, dan selama kehamilan mampu mengembang hingga 500 kali. Di bawah rahim terdapat vagina, yang berfungsi sebagai tempat penis pada saat proses kopulasi, serta merupakan jalan keluar bayi dalam proses persalinan. Apabila sel telur yang diproduksi ovarium tidak dibuahi, maka akan terjadi peluruhan dinding rahim, dan menyebabkan terjadinya menstruasi.

Selain organ-organ reproduksi yang terdapat di dalam tubuh, sistem organ reproduksi wanita juga memiliki organ kelamin luar. Organ luar tersebut terdiri dari
• klitoris (kelentit), yaitu organ yang identik dengan penis pada pria
• Vulva, terdiri atas labium mayor (bibir besar) dan labium minor (bibir kecil)
• Lubang saluran kencing, yang merupakan saluran terluar uretra
• Lubang vagina, yang merupakan ujung terluar vagina
• Fundus, yaitu bagian lipat paha




Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN