Pola Makan Tepat Di Usia 40 Tahun

Memasuki fase usia 40 tahun jika ditinjau dari aspek grafik kesehatan trend sudah cenderung menurun. Energy tidak sekuat dulu lagi.  ada sejumlah perbuahan yang dialami seperti mudah capek, tidak bisa bergerak cepat, dan  metabolisme mulai menurun secara signifikant.  Demikian pula beberapa penyakit degenerative mulai mengintai.

Fase umur kepala empat juga merupakan masa rawan terserang karena metabolisme tubuh sudah menurun sehingga berbagai penyakit degenaratif  seperti stroke, jantung koroner, asam urat, osteoporosisi dan sebagainya mudah menyerang.

Agar Anda tetap produktif dan sehat, perlu disiplin melakukan pengubahan pola hidup sehat. Selain itu juga memperhatikan pola makan yang sehat. Orang –orang berusia empat puluh tahun sebaiknya menghindari makanan yang banyak mengandung lemak, purin dan fermentasi.

Berikut ini beberapa pola makanan sehat pada usia 40 tahun hasil rekomendasi ahli nutrisi. Sebagaimana yang dijelaskan  pada empat point tersebut :

  • Makanan Sumber Kalsium

Mulailah gemari makanan yang banyak mengandung kalsium. Pasalnya pada usia yang menua rawan terkena radang sendi dan osteoporosis, karena tulang banyak kekurangan kalsium.  Sumber kalsium alami banyak terdapat pada susu, kedelai, ikan tuna dan  bayam hijau.

  • Buah-buahan

Buah –buahan segar harus ada pada setiap daftar menu harian.  Bahan pangan ini kaya akan vitamin C nya. Nutrisi tersebut diperlukan tubuh yang sudah mulai menua untuk menjaga metabolisme, dan meningkatkan antibody.  Selain itu juga kaya akan kandungan antioksidan tinggi, bermanfaat menangkal perkembangan sel kanker.

  • Perbanyak asupan cairan

Mengapa pada usia setengah baya dianjurkan untuk memperbanyak asupan cairan. Salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah proses penuan kulit. Di mana pada usia tua ini kulit lebih banyak memerlukan cairan guna menjaga kelembaban.  Asupan cairan tak hanya dari air putih saja melain juga disarankan untuk memperbanyak menyantap buah – buahan yang berair seperti semangka, belimbing, bengkuang dan sebagainya.

Demikianlah sekilas tips ringkas tentang gaya hidup sehat di usia empat puluh tahun. Semoga artikel ini  bermanfaat untuk pembaca.