Penyakit Pada Alat Reproduksi

Sistem reproduksi manusia, baik pada pria maupun wanita, berpotensi terserang beberapa penyakit. Penyakit pada alat reproduksi pada manusia umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur, dan ditularkan melalui hubungan seksual. Berikut ini adalah beberapa macam penyakit yang sering menyerang sistem reproduksi manusia.

Gonorhea atau kencing nanah merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, dan ditularkan melalui hubungan seksual. Bakteri ini dapat menyerang organ reproduksi baik pria maupun wanita, seperti vagina, saluran Fallopii, epididimis, dan kelenjar prostat. Gejala dari penyakit ini adalah ditemukan nanah di ujung saluran kencing, rasa seperti terbakar saat buang air kecil, dan pada wanita sering terdapat nanah pada vagina. Jika tidak segera ditangani, maka dapat merusak alat reproduksi (misalnya testis atau rahim) dan dapat menyebabkan kemandulan. Penyakit ini juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya, dan menyebabkan kebutaan pada bayi.

Sifilis atau Raja Singa juga merupakan penyakit pada alat reproduksi yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum, dan ditularkan melalui hubungan seksual. Gejalanya adalah luka pada kemaluan, bintik atau bercak merah di tubuh, kelainan saraf, jantung, dan kulit. Penyakit sifilis terdiri atas beberapa stadium, dan pada stadium lanjut bakteri tidak hanya menyerang organ reproduksi, tetapi juga menyerang organ tubuh yang lain, seperti hati, susunan saraf, dan otak.

Herpes Genitalis adalah penyakit pada organ reproduksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Virus ini tak hanya menyerang organ reproduksi pria dan wanita, tetapi juga menyerang kulit. Gejala yang timbul adalah bintil-bintil berkelompok pada kemaluan yang hilang dan timbul, dan akhirnya menetap seumur hidup. Hasil penelitian lanjut menunjukkan bahwa infeksi virus herpes berhubungan dengan penyakit kanker leher rahim.

Selain ketiga penyakit di atas, penyakit pada alat reproduksi juga termasuk keputihan (umumnya disebabkan oleh jamur Candida albicans), Condiloma Accuminata (penyakit akibat virus Human papilloma), Epididimitis (infeksi saluran reproduksi pria akibat E coli dan Chlamydia), serta Orkitis (peradangan testis akibat infeksi virus parotitis).

About Kris Hartanto

Independent Diamond Director Oriflame Indonesia & d'BC Network dengan income 25-30 Juta Per Bulan. Hobi food photography ;)




Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Get Widget