Mengungkap Manfaat Kulit Mangga

Sebentar  lagi Indonesia memasuki masa  musim mangga. Buah eksotis ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.  Buah  mangga merupakan buah lokal yang populasinya tersebar di seluruh  Indonesia.  Pohon mangga  bisa ditumbuh subur di berbagai daerah baik dataran tinggi maupun dataran rendah.

Cita rasa daging mangga yang manis, harum dan segar membuat buah ini disukai siapa saja. selain itu bisa juga dibuat minuman jus yang menyegarkan.   Warna kuning pada daging menunjukan betapa tingginya kandungan vitamin  C.

Tahukah Anda bahwa kulit mangga yang berwarna hijau ternyata punya faedah positif untuk menjaga kesehatan. Serta bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan gangguan kesehatan.

  • Meremajakan kulit

Kulit mangga ternyata mengandung senyawa alpha hidroxyl acids /AHA, bahan ini dipakai oleh industri kosmetik untuk membuat cream anti aging.  Fungsi AHA mempercepat pengelupasan kulit mati dan memberikan nutrisi maksimal pada lapisan kulit baru.

Caranya gampang, ambil 100 gram kulit mangga matang, kemudian cuci sampai bersih.  Kemudian blender hingga halus.  Selanjutnya pasta kulit mangga dicampur dengan satu sendok minyak zaitun. Oleskan pada muka dan  tangan hingga rata. diamkan 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  • Mengobati diare

Kulit mangga bisa juga dijadikan sebagai obat trandisional menghentikan diare.   Pada kulit mangga matang terdapat kandungan senyawa antibakteri, mampu membunuh bakteri e coli penyebab diare.   cara membuat ramuan obat sakit perut cukup mudah.  Ambil lima helai kulit mangga yang sudah dibersihkan. Kemudian rebus dengan dua gelas air, hingga menyisakan satu gelas saja.  Selanjutnya saring, hingga menyisakan airnya saja.

Sebelum diminumkan dicampur dengan satu sendok makan madu.  Lakukan dua kali sehari pada pagi dan sore.

  • Mengobati cacingan pada anak

Orang jawa manfaatkan air rebusan kulit mangga untuk mengobati cacingan pada anak. kasus cacingan  diakibatkan buruknya sanitas. Mengonsumsi makanan yang tidak higenis.   Kasus cacingan pada anak apabila tidak segara diobati bisa mengakibatkan gizi buruk dan menurunkan IQ anak.

Cara membuat obat cacing dari kulit manggis, pertama ambil tiga helai kulit manggis yang sudah dicuci bersih.  Rebus bersama air perasan kunyit  dengan air sebanyak  dua gelas.    Sisakan hingga satu gelas saja. selanjutnya disaring sebelum diminumkan.  Untuk menghilangkan rasa getir bisa dicampur madu satu sendok makan saja.