Mengetahui Tanda Kanker Payudara

Kanker payudara telah menjadi momok tersendiri bagi sebagian besar kaum hawa. Kita semua sebagai seorang wanita tentunya tidak menginginkan mengidap penyakit yang satu ini kan? Selain hilangnya rasa percaya diri, penyakit kanker payudara juga bisa menyebabkan kematian pada seseorang. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk mengetahui tanda kanker payudara dan penyebab dari penyakit tersebut.

Berdasarkan data yang telah dihimpun oleh badan dunia yakni WHO, kanker payudara termasuk ke dalam penyakit yang diderita oleh banyak orang. Peringkat dari penderita yang disebabkan oleh penyakit kanker payudara menduduki peringkat nomor 2 di dunia.

Serem sekali bukan? Oleh karena itu, mengetahui tanda kanker payudara hukumnya adalah wajib bagi kita semua agar segera mendapatkan pertolongan. Berikut adalah tanda-tandanya.
1. Adanya benjolan pada daerah sekitar payudara yang ditekan akan terasa nyeri
2. Kulit payudara yang mengalami perubahan dari biasanya
3. Terjadinya retraksi yakni puting lebih masuk ke dalam
4. Kulit payudara terasa terbakar
5. Munculnya borok di sekitar payudara
6. Kondisi puting yang putus atau menghilang
7. Keluarnya cairan pada payudara

Ketujuh hal tersebut adalah beberapa tanda yang bisa dilihat ketika seseorang didiagnosa terkena kanker payudara. Untuk pendeteksian normal atau tanda ringan maka kita bisa melihat bentuk payudara yang dimiliki di hadapan cermin.

Pada umumnya, bentuk payudara adalah simetris dalam kondisi normal. Jika bagian kiri dan kanan ternyata tidak sama maka bisa diindikasikan sebagai tanda awal. Selain itu, ketika dipencet juga mengeluarkan sebuah cairan padahal tidak dalam kondisi menyusui.

Meskipun dua kondisi tersebut sudah ada, jangan terlebih dahulu mengambil sebuah kesimpulan sehingga menimbulkan kepanikkan. Konsultasi terlebih dahulu kepada tenaga medis terutama dokter adalah jalan yang terbaik daripada kita dihantui oleh kecemasan.

Penyebab dari adanya penyakit kanker payudara bisa disebabkan oleh beberapa berikut ini.
1. Riwayat keluarga yang pernah mengidap penyakit ini
2. Terpapar radiasi
3. Terlalu sering diremas atau dipencet
4. Merokok dan meminum alkohol
5. Masukknya zat asing ke dalam tubuh
6. Penggunaan hormon estrogen

Sudah tahu bukan, bagaimana cara mengetahui tanda kanker payudara dan penyebabnya. Jadi sekarang bergantung pada diri kita untuk bisa hidup lebih sehat.

About Kris Hartanto

Independent Diamond Director Oriflame Indonesia & d'BC Network dengan income 25-30 Juta Per Bulan. Hobi food photography ;)




Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Get Widget