Memahami Makna Kecantikan Wanita Dalam Islam

Memahami Makna Kecantikan Wanita Dalam Islam

Cantik itu memang relatif, artinya cantik menurut si A belum tentu cantik menurut si B. Tapi secara umum, cantik itu adalah sesuatu yang indah dipandang mata. Kata cantik itu sendiri juga lebih identik dengan perempuan. Sayangnya, banyak orang yang salah beranggapan bahwa cantik itu adalah perempun yang selalu tampil seksi, modis dalam berpakaian, menggunakan aksesoris modern dan lain-lain. Perlu anda ketahui bahwa cantik itu muncul dari dua unsur yaitu jasmani dan juga rokhani.  Jadi, jika selama ini kecantikan seseorang hanya dinilai deri segi fisik saja, itu artinya kecantikan itu masih berupa kepalsuan.

Dalam agama Islam sebenarnya juga diajarkan utuk selalu tampil cantik karna Alloh itu sendiri juga menyukai kecantikan dan keindahan. Meskipun demikina, cantik menurut islam adalah cantik yang muncul dari unsur jasmani dan rokhani. Agar anda bisa tampil cantik secara jasmani anda harus memperhatikan kebersihan tubuh, menutup aurat, dan menggunakan pakaian yang sopan sedangkan dari segi rokhani, amal ibadah yang baik menjadi talak ukur utama.

Itulah sebabnya, ketika seorang laki-laki hendak meminang seorang wanita islam harus lebih mengutamakan budi pekerti yang berasal dari unsur rokhaniah dari pada cantik secara fisik (jasmaniah). Jika kita coba mengakaji kembali, alasan tersebut juga sangat masuk akal, karena ketika seorang laki-laki mencintai wanita muslimah karena  amal ibadahnya yang baik maka rasa cinta itu tidak akan hilang ditelan waktu. Tapi ketika seorang laki-laki mencintai wanita karena kecantikan fisiknya saja, maka seiring dengan usia si wanita yang semakin bertambah maka rasa cintanya juga akan semankin pudar.

Meskipun demikian, islam tetap mengajarkan tentang etika bagaimana seharusnya wanita menunjukkan kecantikannya. Jika umumnya wanita modis selalu tampil wangi, tapi menurut islam wanita seharusnya tidak menggunakan parfum yang berlebihan dengan aroma menyengat. Jika para wanita selalu bersaing untuk memamerkan perhiasannya, islam justru mengaharamkan para wanita muslimah yang sengaja ingin memamerkan kekayaannya.  Intinya, makna cantik dalam islam adalah sesuatu yang tidak berlebih-lebihan dan sesuai dengan syariat islam yang berlaku.

About Kris Hartanto

Independent Diamond Director Oriflame Indonesia & d'BC Network dengan income 25-30 Juta Per Bulan. Hobi food photography ;)




Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Get Widget