Makanan Sehat Penangkal Sakit Perut

Sakit perut bisa menyerang siapa saja dan tak kenal waktu.  Begitu merepotkan ketika sedang bekerja atau mengendarai mobil tiba –tiba perut melilit, dan tak bisa ditahan untuk pergi ke kamar mandi.   Tak selamanya sakit perut berujung pada diare. Ada juga karena kram, awal menstruasi pada wanita, atau naiknya asam lambung.

Faktor makanan juga bisa jadi pencetus, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, makan cabai. Terlalu banyak menyantap makanan masam.  Sindrom perut mulas juga sering terjadi ketika seseorang sedang melakukan wisata kuliner di luar negari.  Di mana terjadi organ pencernaan kesulitan beradaptasi dengan makanan –makanan dari suatu negara. Kasus ini biasanya sering terjadi pada turist yang berasal dari Eropa yang sedang liburan di Indonesia atau negara Asia Selatan.  biasanya jenis masakan di sini kaya akan bumbu dan rasanya relative pedas. Karakter makanan ini tidak cocok dengan perut orang Eropa maupun Asia Timur.   Sebaliknya juga orang Indonesia juga kerap tersarang sindrom sakit perut, ketika baru saja tiba di suatu negara asing.

Jika Anda mengalami kondisi demikian jangan lantas segera minum obat kimia. Tak selamanya sakit perut itu disembuhkan dengan obat kimia. Anda tidak boleh tergantung dengan obat –obatan kimia.  menurut ahli pengobatan herbal, sebenarnya sindrom sakit perut bisa diredakan dengan makanan tertentu yang memiliki khasiat spesifik. Seperti yang dijelas berikut ini :

  • Pisang

Pisang  bermanfaat meredakan sakit perut yang mengeringi datang bulan, dan kram perut.  Semua jenis pisang yang sudah matang dapat meredakan gangguan pencernaan dalam waktu singkat.

  • kentang

Ketika perut melilit tanda gejala diare, langsung saja menyantap kentang rebus.  Makanan sumber karbohidrat ini cukup efektif meredakan diare karena   keracunan makanan.

  • Jahe

Jahe sejak lama diyakini berkasiat menyembuhkan perut kembung, mual akibat mabuk perjalan.  Saat traveling menggunakan kendaraan umum sebaiknya membawa permen jahe sebagai obat herbal.

  • Jambu biji

Alternatif lain jika mendadak sakit perut, cukup makan satu butir jambu biji merah atau biasa. usahakan pilih yang agak mengkal atau tidak begitu matang.   Daging jambu dengan tekstur keset  mampu menyerap racun dan menghentikan BAB. Sementara kandugnan vitamin C dapat menangkal bakteri jahat.