Lakukan Lima Tips Ini Agar Mudik Anda Menyenangkan

Lebaran  di Indonesia tak lepas dari tradisi mudik atau pulang kampung. Mereka yang tinggal di luar  kota ramai –ramai pada pulang kampung untuk merayakan hari kemenangan bersama keluarga tercinta.  Mereka rela berpayah –payah menempuh perjalanan panjang yang melelahkan.   bagi mereka yang menempuh perjalan darat, saat lebaran tak lepas dari kemancetan panjang.  kondisi ini jelas dapat menguras stamina dan memicu stress bagi pemudik. Bagi yang kurang bersiapan fisik tanpa disertai asupan nutrisi, justru dapat merugikan kesehatan. Misalnya kecapek, badan pegel semua dan hipertensi.

Ada baiknya sebelum Anda mudik, perlu persiapan fisik agar tidak mudah lelah di jalan. Berikut ini tips ringkas bagaimana mempersiapkan mudik yang sehat.

  • Minum air putih yang banyak

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya minum air putih yang banyak, maksudnya agar menjaga metabolisme tubuh tetap seimbang.

  • Minum suplemen

Mudik merupakan ritual yang melelahkan, asupan makanan bergizi tidak cukup, Anda perlu back up suplemen guna meningkatkan ketahanan tubuh.

  • Istirahat cukup

Jika Anda dan keluarga membawa kendaraan pribadi. Pastikan luangkan waktu untuk istirahat di jalan. Jika perjalanan mudik Anda lebih dari lima jam, setiap tiga jam sekali untuk rehat sebentar guna menghilangkan lelah dan ngantuk.  Sebaliknya apabila Anda memaksa meyetir mobil berlama –lama bisa mengurangi konsentrasi dan mengantuk.

  • Siapkan obat –obat yang dibutuhkan

Tak ada salahnya Anda membawa obat –obatan yang dibutuhkan ketika mendadak Anda sakit di jalan seperti obat diare, alergi atau pereda sakit kepala. Jangan lupa membawa suplemen vitamin.

  • Hindari konsumsi makanan berlemak gorengan dan kopi

Selama perjalanan hindari mengonsumsi makanan yang digoreng. Karena bisa membuat perut jadi panas. Serta micu radang tenggorokan. Ganti camilan sehat untuk menemani perjalanan Anda seperti pisang, jeruk, apel dan sebagainya. Kandungan vitamin C bermanfaat menjaga stamina agar tidak mudah drop.