Kelebihan dan Kekurangan Obat Tradisional

Kelebihan dan Kekurangan Obat Tradisional

Obat tradisional mulai menjadi populer dan menjadi pilihan yang makin disukai sejak sekitar tahun 1970an. Jika sebelumnya pola penyakit secara umum adalah infeksi, maka sejak tahun 1970an pola penyakit tersebut mengalami pergeseran ke arah penyakit metabolik, seperti diabetes, kolesterol tinggi, asam urat, batu ginjal dan hepatitis; dan penyakit degeneratif seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien atau wasir dan penurunan daya ingat. Penyakit-penyakit tersebut hanya bisa ditanggulangi dengan pemakaian obat dalam untuk jangka waktu yang cukup lama sehingga sering ada kekhawatiran akan efek sampingnya yang dapat merugikan kesehatan. Oleh karena itu, kebanyakan orang lebih memilih obat tradisional sebab meskipun digunakan dalam jangka waktu lama, namun efek samping yang ditimbulkannya relatif kecil atau hampir tidak ada sehingga dianggap lebih aman.
Dibandingkan dengan obat-obatan modern, obat tradisional memiliki kelebihan seperti komponen-komponen dalam satu ramuan yang berbeda dan memiliki efek saling mendukung, dan efek samping yang relatif  rendah bila digunakan secara benar dan tepat takaran, tepat cara dan waktu penggunaan, serta tepat dalam pemilihan bahan yang sesuai dengan indikasi penyakit tertentu. Sebagai contoh; daun seledri. Meskipun telah terbukti sebagai obat tradisional yang mampu menurunkan tekanan darah. namun apabila digunakan melebihi dosis, ia dapat menurunkan tekanan darah secara drastis dan menyebabkan syok pada penderita. Oleh sebab itu sangat dianjurkan agar hanya mengkonsumsi satu gelas perasan daun seledri setiap satu hari. Contoh lain misalnya; Gambir. Obat tradisional tersebut sangat baik untuk menghentikan diare, namun jika menggunakannya lebih dari satu ruas ibu jari, malah akan menimbulkan kesulitan buang air besar selama berhari-hari.
Suatu ramuan obat tradisional biasanya terdiri dari beberapa jenis tanaman obat yang memiliki efek yang saling mendukung satu sama lain. Formula dan komposisi dari ramuan obat tradisional harus dibuat setepat mungkin agar tidak menimbulkan kontra indikasi. Hal tersebut merupakan kelebihan produk obat tradisional, tetapi terkadang juga bisa menjadi kekurangan yang menjadi kendala dalam pengembangannya.
Disamping berbagai kelebihannya, obat tradisional tentunya memiliki beberapa kekurangan seperti efek farmakologis yang lemah, bahan baku belum terstandar atau belum teruji secara klinis serta kemungkinan bahan baku mudah tercemar berbagai jenis mikroorganisme. Meskipun begitu, saat ini, pengembangan obat alami tersebut telah diupayakan lewat berbagai cara sehingga telah banyak ditemukan jenis-jenis obat tradisional yang teruji secara ilmiah dan medis, baik khasiat maupun keamanannya.

 




Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN