Hamil 3 Bulan

Kehamilan merupakan anugerah Yang Maha Kuasa dan menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi pasangan suami-istri yang menginginkan anak. Agar anak dapat lahir dengan sehat dan selamat, menjaga kehamilan menjadi hal yang penting. Saat ibu hamil 3 bulan, fasa ini merupakan masa yang penting karena merupakan masa pembentukan sekaligus masa perkembangan pesat dari sistem dan organ tubuh bayi, sehingga ibu hamil harus memperhatikan kesehatannya selama fasa ini.

Dalam 3 bulan pertama masa kehamilan, ibu akan merasakan berbagai gejala kehamilan, seperti morning sickness (nyeri perut dan muntah terutama di pagi hari), mual, muntah, sering buang air kecil, sembelit, pembesaran payudara, cepat lelah, sakit kepala dan peningkatan berat badan. Dalam mengatasi gejala mual dan muntah saat ibu hamil 3 bulan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil :
• Mual dan muntah dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga perbanyak minum air putih atau jus buah di luar jadwal makan. Banyak mengonsumsi air putih hingga 12 gelas per hari juga dapat membantu mengatasi sembelit.
• Konsumsi makanan yang mudah dicerna, seperti nasi, jagung, kentang ubi. Hindarkan makanan yang mengandung kadar lemak tinggi atau berminyak, seperti daging berlemak, santan dan gorengan.
• Makan dalam porsi kecil namun sering
• Hindari bau-bauan yang menyengat atau tidak disukai, untuk mencegah rasa mual
• Sediakan makanan dan minuman yang mengandung kadar garam rendah

Jika ibu merasakan sakit di bagian bawah perut dan terlihat ada flek darah setelah usia kehamilan di atas 4 minggu, segera hubungi dokter.

Banyak orang mengira melakukan USG saat ibu hamil 3 bulan itu berbahaya. Sebenarnya melakukan USG di awal kehamilan tidak berbahaya, karena radiasi USG tidak terlalu besar. USG di awal kehamilan bahkan bermanfaat untuk memastikan usia kehamilan dibandingkan dengan perhitungan yang diperkirakan oleh ibu, yaitu HPHT (Haid Pertama Haid Terakhir). USG di awal kehamilan juga bermanfaat untuk mendeteksi apabila terjadi kelainan, misalnya keguguran yang tertahan, atau kehamilan tanpa janin.

About Kris Hartanto

Independent Diamond Director Oriflame Indonesia & d'BC Network dengan income 25-30 Juta Per Bulan. Hobi food photography ;)




Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Get Widget