Cara Mengatur Keuangan Untuk Anak Kost

Apakah kamu pernah menjadi anak kost atau sedang menjadi anak kost? Jika kita membahas tentang anak kost pasti tidak pernah jauh-jauh dari masalah keuangan mereka. Sebenarnya, tidak terlalu susah untuk menatur keuangan bagi anak kost karena jatah per-bulan yang diberikan oleh orang tua pasti sudah dipikirkan dan ada perhitungan tersendiri dari orang tua. Masalahnya adalah kita yang kurang pintar mengaturnya, jadi tidak jarang dipertengahan bulan kita sudah meminta uang tambahan. Nah, berikut adalah tips untuk mengatur keuangan anak kost:

1. Lunasi semua tagihan di awal
Ini adalah yang terpenting, setelah mendapat kiriman langsung bayar semua tagihan seperti kamar kost, pembayaran untuk kampus dan lain-lain. Jika kita menunda pembayaran ini, besar kemungkinan uang nya akan kita pakai untuk hal lain yang kurang penting.

2. Belanja kebutuhan bulanan
Ini dimaksudkan untuk kebutuhan seperti sabun, shampoo dan lain-lain. Tapi ingat, beli yang dibutuhkan saja, tidak perlu membeli sesuatu yang stock-nya masih ada.

3. Jangan boros di awal bulan
Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan anak kost. Setelah mendapat uang kiriman langsung dibuat foya-foya dan makan enak. Mulai sekarang, cobalah untuk tinggalkanlah kebiasaan ini.
Setelah melunasi semua tagihan dan belanja kebutuhan pokok. Setalah itu cek berapa sisa uang kamu, ingat di cek saja dulu, lalu berbelanja dan makanlah seperti biasa, hingga sampai di Minggu akhir bulan, cek lagi sisa uang kamu, pasti sisanya masih lumayan baru belanjakanlah seperti yang kamu inginka, karena kiriman dari orang tua di bulan depan semakin dekat. Lebih baik lagi kamu sisakan untuk menabung karena siapa tau nanti ada kebutuhan tidak terduga.

4. Jangan terlalu sering main
Untuk anak kost yang baru di kota lain, pasti sangat ingi untuk meng-eksplore kota tersbut dari temapt wisata hingga kulinernya. Tapi ingat, jangan terlalu sering. Karena semakin sering kamu keluar bersama teman-teman semakin sering juga kamu mengeluarkan biaya. Ada baiknya kamu mengatur jadwal bermain bersama teman, seminggu sekali misalnya, jadi kamu lebih bisa me-manage keuangan kamu.

Sekian tips-nya untuk saat ini, jika ingin menambahkan atau sekedar komentar silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih.