Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Berbagai hal yang tidak lumrah memang sering dialami oleh seorang yang sedang hamil. Tubuh yang ketika sebelum hamil tidak mengalami masalah apa-apa bisa terjadi masalah ketika sedang hamil. Salah satunya adalah masalah sembelit pada ibu hamil yang cukup membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Sembelit atau konstipasi merupakan masalah umum yang biasanya dialami oleh setiap ibu hamil. Kondisi tersebut seperti seorang ibu hamil yang sering muntah. Jadi tidak usah khawatir atau risau ketika seorang ibu hamil tiba-tiba menderita konstipasi atau sembelit.

Sembelit merupakan sebuah kondisi dimana seorang susah untuk buang air besar. Hal tersebut bisa terjadi pada seorang ibu hamil karena kondisi rahim yang terlalu menekan anus. Selain itu, perubahan hormon yang dialami oleh seorang ibu hamil juga turut memberikan andil untuk terjadinya masalah sembeli pada ibu hamil.

Penyebab lainnya yang memicu terjadinya sembelit adalah kinerja dari saluran pencernaan yang melambat karena sedang hamil. Di dalam usus berfungsi untuk memecah nutrisi dari makanan untuk diberikan kepada janin. Belum lagi, kondisi tubuh ibu hamil yang memerlukan banyak sekali air sehingga kondisi feses atau tinja menjadi lebih kering.

Hal tersebut bisa lebih parah lagi jika seorang ibu hamil mengkonsumsi suplemen penambah zat besi. Makanan yang terlalu banyak asupan zat besi juga kurang baik bagi ibu hamil karena mampu menyebabkan terjadinya sembelit pada ibu hamil.

Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan cara berikut.
1. Konsumsi makanan yang mengandung serat. Makanan yang memiliki kandungan serat yang baik bisa diperoleh dari buah dan sayur.
2. Memperbanyak minum air putih sangat baik untuk ibu hamil. Kondisi ibu hamil yang memerlukan banyak sekali air harus disiasati dengan mengkonsumsi banyak air minum sehingga kondisi feses tidak lebih kering.
3. Dilarang untuk mengkonsumsi obat pelancar buang air besar yang tersedia di pasaran. Bisa jadi obat tersebut memiliki kandungan yang berbahaya bagi ibu hamil
4. Kurangi atau batasi asupan makanan yang mengandung zat besi karena mampu menimbulkan terjadinya sembelit.
5. Gaya hidup sehat

Semoga dengan melakukan beberapa hal tersebut mampu menghindarkan dari sembelit pada ibu hamil.




Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN