3 Buah-Buahan Untuk Mencegah Penyakit Asam Urat

3 Buah-Buahan Untuk Mencegah Penyakit Asam Urat

Buah Anti Asam Urat

Asam urat merupakan sisa metabolisme zat purin yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi, terutama makanan yang mengandung protein. Purin juga termasuk hasil samping dari pemecahan sel dalam darah. Tidak hanya dalam daging, ternyata zat purin juga terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Penderita asam urat harus mengatur asupan yang dimakannya dengan menghindari makanan yang tinggi purin. Menurut dr. Hyon Choi dari Universitas of British Columbia di Vancouver dalam laporannya yang tertulis di Archives of Internal Medicine, asupan vitamin C mungkin bisa menjadi pilihan yang berguna untuk mencegah penyakit yang dikenal dengan Gout ini.

Dalam penelitian yang ia lakukan terhadap 47.000 pria di Amerika Serikat dalam kurun 10 tahun, terbukti jika tiap 500 miligram pertambahan Vitamin C setiap hari, menghasilkan 17 % penurunan resiko gout (asam urat). Diantara pria yang mengkonsumsi 1.500 miligram suplemen vitamin C setiap hari, resiko asam uratnya lebih rendah hingga 45%, dibanding yang mengkonsumsi hanya kurang dari 250 miligram.

Berikut buah-buahan yang dianjurkan untuk mencegah asam urat :

1. Sirsak. Buah ini mengandung vitamin C yang mampu menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir serta memperlancar pencernaan makanan. Vitamin C merupakan kandungan gizi yang dominan dalam buah ini, yaitu sekitar 20 mg / 100 gr daging buah. (kebutuhan vitamin per-hari 60 mg), sudah bisa kita penuhi dengan mengkonsumsi 300 gr daging buah sirsak.

gambar-buah-sirsak

2. Pepaya. Buah yang sangat mudah ditemui dan hampir setiap hari kita jumpai ini ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit asam urat. Karena senyawa papain yang terdapat dalam pepaya mampu memecah makanan yang mengandung protein hingga terbentuk senyawa asam amino yang bersifat otomatis menghilangkan substansi yang tidak diinginkan akibat pencernaan yang tidak sempurna, dimana akibatnya dapat berpotensi memunculkan beraneka penyakit seperti radang sendi (asam urat), tekanan darah tinggi, kencing manis hingga epilepsi.

Buah Anti Asam Urat Papaya

3. Stroberi. Buah yang asam-asam manis ini memang punya banyak khasiat salah satunya mencegah penyakit asam urat karena kandungan anti oksidan yang tinggi. Bahkan para ilmuan Amerika juga membuktikan bahwa kandungan elagik yang terdapat dalam buah anti asam urat ini merupakan nutrisi terbaik dalam mengurangi resiko kanker.

Buah Anti Asam Urat Stroberi

Jadi untuk anda yang ingin sehat tapi tetap bisa makan enak, silahkan masukan tiga buah-buahan ini dalam daftar belanjaan anda.

Sumber data : Mutia Sari, dalam buku “Sehat dan Bugar Tanpa Asam Urat”




Setelah mengisi form di bawah ini, anda akan menerima beberapa email berseri yang menjelaskan bisnis Oriflame bersama d'BC Network
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Get Widget